Novel Hyouka oleh Yonezawa Honobu (Koten-bu 01) #BACABUKU

By novi - April 23, 2020


Halo teman-teman, selamat malam !!
Hari ini, daku selaku pemilik blog ini, ingin me-review buku yang baru saja daku selesaikan. Novel ini adalah novel terkenal dengan judul Hyouka. Novel ini adalah novel terjemahan dari novel Jepang yang dibuat oleh penulis Yonezawa Honobu. Hyouka adalah buku pertama dari kotenbu series book milik Yonezawa Honobu. Jadi hyouka adalah sebuah permulaan cerita dan akan ada sambungannya di buku selanjutnya dengan misteri lainnya.
Daku yakin, orang yang suka dengan anime, tidak mungkin tidak menonton serial anime hyouka yang memang based on hyouka series story book. Anime itu sangat terkenal pada jamannya. Dan sayapun menyukainya. Jepang sangat hebat dalam membuat anime, serial tv ataupun film yang bergenre mystery, detective. Jadi kalo yg nonton anime hyouka, saya beritahu bahwa novel ini isinya hampir sama dengan animenya.

Sebelum mereview, mari kita berkenalan dahulu dengan sang penulis, yaitu Yonezawa Honobu. Tapi karena mungkin akan panjang kalo ditulis disini, mari daku kasih link untuk melihat biodatanya di wikipedia atau di fandom.com.

Lalu, mari kita apresiasi para pekerja yang bekerja dalam buku ini dan juga untuk penerbit haru yang menerbitkan buku ini dalam edisi Bahasa Indonesia. Tanpa banyaknya orang-orang hebat yang berpartisipasi, pasti tidak akan jadi buku ini. Berikut adalah mereka yang tertera dalam halaman copyright.

Nah, mari kita masuk kedalam review dengan pembukaannya adalah sinopsis buku ini :

"Kalau kita menyelidikinya, mungkin akan terjadi hal-hal yang tidak baik.

Oreki Hotaro adalah pemuda hemat energi. Mottonya adalah, "Kalau tidak butuh dikerjakan, lebih baik tidak dikerjakan. Kalau harus dikerjakan, sebisanya saja."

Hanya saja, semua itu berubah saat dia terpaksa bergabung dengan Klub Sastra Klasik. Chitanda Eru—gadis dengan rasa penasaran yang tinggu—mengubah hari-hari Hotaro, dan dia harus memecahkan misteri demi misteri yang terjadi di sekitar mereka.

Gara-gara Chitanda, mereka dihadapkan pada kasus 33 tahun yang lalu. Hanya saja, petunjuk mereka hanyalah sebuah antologi berjudul Hyouka".


Cerita ini diambil dari sudut pandang karakter utama yaitu Hotarou Oreki, anak yang pada dasarnya sangat menghemat tenaganya (kalo kata orang tua kitamah males kaliya) dan tidak mau membuang-buang tenaganya dengan hal-hal yang menurut dia tidak penting. Tapi semuanya berubah karena surat dari kakaknya yang meminta dia masuk ke klub sastra klasik. 

Bisa dilihat permasalahan utama buku ini adalah memecahkan kasus 33 tahun yang lalu yang terjadi kepada paman Chitanda Eru. Di klub sastra ini berisi Oreki Hotaro, Chitanda Eru, Mayaka Ibara dan Satoshi Fukube. Mereka memecahkan masalah 33 tahun yang lalu, sekalian untuk membuat buku antologi klub sastra klasik edisi baru.

Kalian akan diajak memasuki dunia sekolah ala Jepang dengan ceritanya yang ringan, keseharian mereka ketika akan merencanakan festival budaya mereka. Akan tetapi, kalian juga akan diberi masalah-masalah kecil yang terjadi dikeseharian, yang entah kenapa ketika Hotaro menemukan penjelasannya, terlihat sangat luar biasa, dalam nalar, namun untuk orang biasa hal itu tidak akan datang dalam pikiran mereka. Cara pikir Hotaro sangat menakjubkan, sayangnya dia itu hemat energi. Disini juga kalian akan diberitahu arti dari kata "HYOUKA" itu sendiri. Yang ternyata sangat menyedihkan.

Sebenarnya daku sudah terkena spoiler dari animenya, namun tetap saja seru pas baca bukunya. Rating yang akan aku beri yaitu 4/5. Sangat pas untuk kalian pemula yang berniat untuk membaca kisah-kisah tentang detektif dan deduksi mereka karena tidak terlalu berat. Pas juga untuk anak-anak jaman sekarang yang terkadang malas membaca buku karena jaman sekarang lebih seru hal-hal yang bervisual.

segitu saja cerita dari saya, jika terlalu dikit, kenapa tidak baca bukunya saja agar kalian mengalami pengalaman yang akan kalian alami ketika membacanya. Pasti seru.

Salam
XoXo

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar