#BacaBuku : 9 Misi Sang Penjaga Karya Charon

By novi - Agustus 23, 2019

Sebelum daku bercerita tentang buku cerita yang ada dibawah, ada baiknya kalian melihat cover dan sinopsinya. Benar ? Harus benar.

Cover '9 Misi Sang Penjaga'
SINOPSIS


"Anas adalah gadis populer di sekolahnya. Ia memiliki banyak teman dan menjadi anggota tim voli unggulan. Namun di balik semua itu tersimpan rahasia besar. Anas adalah penjaga negeri dongeng yang penuh intrik, budaya, dan keajaiban. Dengan kalung yang dimilikinya, ia dapat berpindah dunia dan menjalankan misi untuk membantu para karakter utama di negeri tersebut.

Namun, karena kecerobohannya, Rio teman satu kelasnya tidak sengaja terbawa ke negeri dongeng. Si cowok pelit senyum, pelit ngomong, dan punya masa lalu kelam itu kesal karena hidupnya yang tenang tiba-tiba jungkir balik oleh kehadiran Anas.Keduanya terlibat aksi petualangan seru, dimulai dari mencari pangeran untuk putri Raja sampai dikejar-kejar Raksasa. Tapi ketika nyawa ikut menjadi taruhannya, sanggupkah Anas menjadi penjaga sejati?"




Jadi gini, kawan-kawan seper-blog-an, hari ini daku ingin menceritakan pengalaman atau bisa dibilang me-review buku yang baru saja kemaren daku selesai membacanya. Judul buku itu adalah 9 Misi Sang Penjaga dan penulisnya adalah Charon. Siapa Charon ? tolong kalian cari sendiri ya..XD... yang pasti dia orang Indonesia.

Sebelum ke cerita, saya ingin mengobrol tentang cover buku ini. Illustratornya entah siapa (kalo ada yang tau komen ya). Tapi dari pewarnaan dan cara gambarnya kayaknyasih ilustratornya seorang yang terkenal bernama Hari Merdeka. Daku sering banget liat-liat hasil gambarnya Mas Hari Merdeka di instagramnya dan ya sensenya sama kayak di cover buku ini. Btw, ilustrasi di covernya itu sudah merangkum apa saja yang ada di dalam cerita buku ituloh.

Ayo kita ke isi buku ya kawan-kawan,

Seperti kata di Sinopsinya, buku ini menceritakan Anas sang penjaga negeri dongeng. Diceritakan pada zaman dahulu (agak spoiler ya guys) Mpu Gandring telah membuat sebuah kalung dan sepertinya kalung itu dapat menyeimbangi antara dunia nyata dan dunia dongeng, dan sepertinya kalung itu pesana Ken Arok. Mungkin karena Mpu Gandring tidak ingin Ken Arok menyalahgunai kalung tersebut, akhirnya Mpu Gandring menyuruh muridnya untuk menyimpan kalung tersebut dan berikan kepada Sang penjaga, dimana pada hari itu pula serang calon Sang penjaga terlahir kedunia. Setelah sang murid melarikan diri, dari kejauhan sang murid mendengar teriakan Mpu Gandring yang sepertinya telah dibunuh oleh Ken Arok.



Dalam kisah aslinya sendiri, Mpu gandring memang dibunuh oleh Ken Arok. Tapi dikarenakan, Mpu Gandring menjadi bahan percobaan ketajaman keris yang Mpu Gandring buat atan pesanan Ken Arok. Ken Arok membunuh Mpu Gandring karma menurutnya dia tidak menepati janjinya kalau keris tu harus selesai dalam satu hari. Padahalkan kerisnya udah jadi tinggal bikin sarungnya. Mpu Gandring pun mengutuk keris tersebut. Untuk kisah lengkapnya bisa baca disini 

Balik lagi kecerita, setelah beratus ratus tahun, Anas menjadi pewaris selanjutnya kalung tersebut dan mengemban tugas untuk melindungi dunia dongeng agar tetap ada. Tugas Anas adalah melakukan sebuah misi di negeri dongeng  dan pastinya cerita salah satu dongen nusantara yang harus diselesaikannya. Nah, pada misi pertama dia, Anas tidak sengaja tuh membawa seorang temannya bernama Rio karena Anas tidak tahu kalau ternyata ditempat Anas memencet tombol dikalungnya ada Rio dalam radius 3 meter. Disitulah petualangan mereka dimulai.

Pendapat Daku tentang buku ini

Kalo disuruh kasih rangting buku ini, daku akan memberi 3.5 dari 5
Alasannya ?
Buku ini sangat bagus, jalan ceritanya tidak berat. Pas untuk remaja dan anak-anak.
Isi dari buku ini dapat untuk belajar mengetahui beberapa cerita rakyat Indonesia yang sangat banyak dan dapat mengambil Budi pekerti dari maksud kisahnya.
Tapi,
Menurut daku ada beberapa yang terlihat seperti ceritanya dipotong gitu, atau kalimatnya terlalu cepat, seperti, pemecahan permasalahannya terlau cepat. Jadi yang seharusnya kita bisa seru banget ngikutin ceritanya, eh malah mikir 'kok udah selesai ajanih ceritanya'. Gitu..
Tapi overall patut dibaca loh kawan-kawan, buku ini seru banget kok. Karakter Anas dan Rio itu termasuk kareakter yang saling melengkapi. Karena dari segi sifat dan cara mereka memecahkan masalah sangat berbeda satu sama lain. Jadi kita dapat melihat dua perspektif yang beda dan dapat membuat rencana yang lebih matang.

Sayasih ingin punya orang kayak Anas buat jadi temen saya :D

Btw daku baca ebooknya, download car di google. Ini gasengaja dapet buku ini pas search ebook buku lain.Kalo mau tau dimana downloadnya, cari aja di google, banyak website yang meng-share ebook gratis :)

Sekian dari daku, anak manusia ini. semoga bermanfaat sharingnya. tunggu #bacabuku selanjutnya ya :)

XoXo

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar