The Golden compass (His Dark materials #1) oleh Philip Pullman #BACABUKU

By novi - Mei 10, 2020


Halo semua, selamat malam minggu ! Tapi para jomblo tidak mengeluh. Karena kita diharuskan tetap dirumah saja dan tidak boleh berkerumunan kan sama pemerintah kita demi melawan dan memutus penyebaran virus corona covid-19 ini. Jadi ya, saya mah selow ajaya. HHH...

Hari ini, daku ingin me-review ala ala nih. Sekarang giliran buku buatan Philip Pullman yaitu The Golden compass. Pasti beberapa dari kalian tahu bahwa the golden compass itu pernah dijadikan film. Waktu film itu baru rilis, kayaknya daku masih kecildeh. Filmnya seru banget. Sayangnya filmnya hanya berhenti di the golden compass saja dan endingnya di film memang gak sesuai dibuku, sengaja digantung banget menurut daku. Btw pas daku nonton film ini, daku belum tahu bahwa the golden compass ini adalah buku pertama dari trilogi his dark materials. Malah daku belum tahu kalo film ini diadaptasi dari sebuah buku.

Kembali lagi kita ke buku the golden compass, sebelum daku memberikan review daku, mari kalian baca biografi Philip Pullman dahulu disini , lalu, mari kita lihat copyright dan sinopsinya dahulu.


Berikut Sinopsinya :

"Ketika temannya, Roger, lenyap, Lyra dan daemon-nya, Pantalaimon, bertekad menemukannya. Pencarian itu membawa mereka ke alam Utara yang dahsyat, muram tapi menakjubkan, tempat beruang-beruang berbaju besi menguasai dunia es dan ratu-ratu penyihir beterbangan di langit yang membeku--serta tempat sekelompok ilmuwan melakukan eksperimen mengerikan.

Lyra berhasil melalui berbagai kengerian ini, tapi sesuatu yang lebih berbahaya menunggunya--sesuatu yang tak pernah terbayangkan olehnya......"

Review :

Pertama,
Mari kita lihat dari segi desain cover bukunya. Dalam covernya, warnanya yang dominan, malah hanya warna hitam dan kuning ke oranye-an yang ada. Lalu, ilustrasinya memperlihankan suatu adegan yang ada di dalam buku tersebut. Disitu ada Lyra sebagai pemeran utama, disebelahnya ada Iorek Brnyson (maaf kalo salah tulis) dan dilangit ada balon udara. Cara peng-ilustrasian-nya itu sangat dark dan misterius yang memang itu adalah penggambaran yang pas untuk isi dari cerita ini.

Yang kedua,
Yaitu isi dari cerita dalam buku ini sendiri. 

Buku ini mengambil POV dari Lyra. Lyra tinggal didunia yang mirip dengan dunia kita, tapi didalamnya ada banyak perbedaan antara dunia Lyra dan dunia kita. Salah satunya adalah Daemon. Di dunia Lyra, setiap manusia mempunyai daemon yang berbentuk hewan. Daemon itu macam penggambaran jiwa dari manusia itu sendiri, merubah bentuk sesuai dengan emosi, sifat serta kondisi yang dialami oleh pemiliknya. Namun itu terjadi ketika sang pemiliknya belum akil balik. Jika sudah akil balik, daemonnya akan menetap dalam satu wujud hewan yang merepresentasikan sifat sejati dari sang pemiliknya itu.

Awal mula Lyra masuk dalam permasalahan dalam buku ini adalah ketika Lyra mengendap-endap memasuki ruang rehat, lalu bersembunyi melihat ada rang yang masuk ke ruang itu. Lalu secara tidak sengaja, Lyra melihat sang Master memberi bubuk yang sepertinya racun kedalam minuman yang disebut Tokay. Minuman itu akan disediakan untuk Lord Asriel dan lord asriel adalah paman Lyra. Lalu, Lyralah yang menjadi pahlawan menyelamatkan Lord asriel dari kematiannya. Lalu, dari situ juga Lyra mengetahui sesuatu yang disebut "debu" yang berada di aurora atau cahaya utara. 

Disini daku dibuat kebingungan, siapa sebenarnya yang berperan sebagai antagonis, sang Master, Lord Asriel atau malah si Lyra itu sendiri ? Karena semua orang bisa menjadi jahat.

Lalu, masalah kedua adalah ada sebuah perkumpulan yang menculik anak-anak dengan skala besar. Tiba-tiba saja ada banyak anak menghilang dan desas desusnya diculik oleh kelompok yang dipanggil sang pelahap dan mereka dibawa ke utara. Dan parahnya, Roger, teman satu-satunnya Lyra di akademi Jordan juga menghilang. Dari situ Lyra berpegang teguh bahwa dia akan menemukan dan menyelamatkan Roger.

Lyra disini mempunyai watak yang keras kepala, suka mengembara, cerdik (ingat pintar dengan cerdik berbeda), dan memegang teguh prinsipnya menurut aku. 

Jadi kenapa the golden compass judulnya ? Nah dalam buku ini Lyra akan ditemani dengan sebuah kompas emas yang diberikan oleh Master dan nama kompas itu adalah Alethiometer. Alethiometer itu sendiri adalah barang unik dan di dunia Lyra barang itu sangat langka karena telah banyak dihancurkan oleh gereja. Alethiometer bukanlah kompas yang memberikan suatu petunjuk arah antara utara atau selatan, tapi memberikan suatu jawaban dari apa yang ditanyakan oleh sang penanya dengan simbol-simbol yang harus dipelajari maksudnya. Namun Lyra mempunyai bakat untuk membaca arti simbol-simbol itu tanpa belajar. 

Jujur saja, ini adalah buku fantasi dan fiksi-ilmiah yang menurut daku isinya berat. Harus dibaca dengan teliti baru kalian akan mengerti dan dapat menangkap penggambaran dari ceritanya. Tapi ketika kita dapat membayangkan, memvisualisasikan cerita itu didalam fikiran kita, wahh..cerita ini luar biasa.

Sang pengarang sangat pintar memberikan plot twist gaes dan membingungkan kita apakah mereka jahat atau baik. Tapi dia juga sangat pintar menggambarkan hal indah dengan tulisannya.

Karakter kesukaan daku adalah sang raja beruang Iorek Brnyson, dia sangat menghormati Lyra dan sangat sayang sekali dengan Lyra.

Spoil dikit nih, pada dasarnya seri His Dark materials ini menceritakan tentang Lord Asriel yang sedang membuat sebuah peperangan besar dengan level tinggi di jagad dunia ini. Yagimana coba orang peperangannya melawan tuhan. Ceritanya ini adalah lanjutan dari peperangan makhluk-makhluk dengan tuhan di surga beribu-ribu tahun yang lalu dan fyi kalo gasalah cerita ini ada di kitab Injil (*cmiw ya guys).

Jadi, Lord Asriel adalah kunci dari seri ini guys dia sangat penting baik bagi seluruh makhluk yang ada didunia maupun dilangit. 

Kalo mau tau endingnya, jangan lupa baca seri lanjutannya guys, trilogi kok jadi tiga doang tapi isinya penuh haha. Daku aja lama banget baca buku ini. Baru sampe buku kedua dan itu stuck di tengah buku belum dilanjutin.

Oke, rating untuk buku ini pastinya adalah 5/5 bagi daku. Karena buku ini menyuguhi hal yang sangat berbeda dan daku terpikat akan hal itu. 
Ohiya, daku punya ebooknya nih, kalo mau bisa DM aku di Instagram atau comment email kalian ya guys.

See you next story guys,
XoXo


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar